Tentang Kiamat dan Tanda-tandanya

Sungguh tak akan ada kekuatan apapun yang dapat mengehentikan dasyatnya bencana pada hari itu. Ya, hari dimana langit akan runtuh, bumi terbelah, hingga gunung-gunung berterbangan layaknya kapas. Lautan bergejolak, hingga dunia dan seisinya pun musnah sirna, itulah kiamat. Kiamat adalah misteri. Tak ada satupun yang mengetahui kapan datang dan terjadinya kiamat, begitu pula manusia.
Mempercayai kiamat atau hari akhir merupakan salah satu pilar keimanan kita sebagai muslim. Berkenaan waktu terjadinya sepenuh adalah rahasia Allah sang Maha pengatur kehidupan. Dan sungguh, Allah telah mengutuskan seorang manusia terbaik di muka bumi. Rasulullah SAW sebagai pembawa pesan dibalik segala kerahasiaannya tak terkecuali tentang datangnya hari kiamat.
Rasulullah bersabda:

“Hari kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda: (1) penenggelaman permukaan bumi di timur, (2) penenggelaman permukaan bumi di barat, (3) penenggelaman permukaan bumi di jazirah Arab, (4)keluarnya asap, (5) kelaurnya Dajjal, (6) keluarnya binatang besar, (7) keluarnya Ya’juj dan ma;juj, (8) terbitnya matahari dari barat, (9) api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang menggiring manuisa, serta (10) turunnya ‘Isa bin Maryam Allaihissallam.” (HR. Muslim)

Penting untuk diketahui jika sebenarnya sudah ada tanda-tanda alam menjelang datangnya kiamat telah terjadi dan akan terus terjadi. Seperti pada beberapa peristiwa alam berikut ini:



1.       Turunnya salju di tanah Arab

Salah satu tanda datangnya hari kiamat adalah turunnya salju di tanah Arab yang panas. Jazirah Arab dikenal memiliki daerah gurun yang sangat luas. Tipikal kondisi cuaca gurun seperti yang kita ketahui biasanya begitu panas, kering dan berdebu. Namun apa yang terjadi di tahun 2009 lalu benar-benar membuat siapa saja terperangah. Ya, tiba-tiba saja salju menyelimuti kota Tabuk dan Hail yang letaknya memang berdekatan. Salju mulai turun sesaat setelah badai alexa melanda negeri ini.

Fenomena alam tersebut kemudian oleh para ahli dengan aktivitas perpurtaran bumi dari porosnya. Seorang ahli lingkungan dari badan perlindungan dari Amerika Serikat menyebutkan, bahwa aktivitas turunnya salju di timur tengah dipicu oleh  udara lembab yang naik dari laut Mediterania dan bergerak ke arah menuju Timur Tengah, udara dingin  yang terjadi menngubah hujan menjadi salju. Dengan turunnya salju yang mengandung partikel air, maka panasnya tanah gurun akan berubah menjadi tanah subur dengan kandungan air yang melimpah. Dengan kondisi seperti itu, tanaman dan pepohonan pun akan tumbuh bahkan di Padang Arafah yang sangat gersang. Namun dibalik kesuburan itu, hari kiamat pun akan segera datang.

Rasulullsh bersabda:
Hari kiamat baru akan datang setelah negeri Arab kembali menadi padang yang hijau (dengan tumbuhan) dan sungai-sungai.” (HR. Muslim)

2.       Hujan Meteor di Berbagai Negara

Peristiwa atau tanda alam menjelang datangnya kiamat lainnya adalah hujan meteor yang terjadi di sejumlah wilayah di dunia. Rasulullah bersabda:
“Akan ada pada akhir umatku (orang-orang yang ditenggelamkan ke dalam bumi dirubah raut wajahnya dan dilempari (batu). ‘Aisyah berkata, ‘Aku bertanya, Wahai Rasulullah, apakah kami akan dibinasakan sementara masih ada orang-orang shahih di tengah-tengah kami?’ Beliau menjawab, Betul, ketika kemasiatan telah merajalela.” (HR. At Tirmidzi)

3.       Turunnya Imam Mahdi

Rasulullah SAW bersabda:
“ketika kalian melihatnya (kehadiran Imam Mahdi), maka berbai’atlah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salu karena sesungguhnya dia adalah “Khalifatullah Al Mahdi”. (HR. Abu Dawud)

Kemunculan Imam Mahdi disebutkan dalam banyak hadist sahih akan terjadi saat akhir jaman. Dialah pemersatu umat yang berjuang dijalan kebenaran