Faktor Penyebab Mata Panda dan Bagaimana Islam Memandangnya

Mata panda. Mendengar kalimat ini mungkin terdengar lucu karena mengingatkan kita pada hewan menggemaskan asal negeri Tiongkok.namun mata Pnda yang satu ini berbeda, lho. Ya, mata panda adalah sebutan lingkaran hitam yang ada pada kelopak mata atau sekitar mata. Bagi seorang perempuan yang ingin tampil cantik, mata panda tentu saja sangat menganggu penampilan mereka.
Masalah kantung mata bagi sebagian orang bisa mengurangi rasa  percaya diri. selain itu, lingkar amta yang hitam terlihat seperti orang sedang sakit. Lantas apa saja penyebab mata panda? Bagaimana pula cara mengatasinya? Dan bagaimana islam memandangnya? Yuk simak ulasannya.

Faktor Penyebab Mata Panda

Ada banyak penyebab munculnya mata panda pada seseorang. Pertama, karena faktor kurang tidur atau terlalu sering begadang. Kedua, akibat kelelahan karena aktivitas yang padat entah itu di rumah atau di kantor sehingga kulit sekitar mata ikut menegang karena stress. ketiga, paparan sinar matahari yang menyengat juga akan memicu timbulnya lingkar hitam pada sekitar mata. semakin banyak tubuh terkena paparan sinar matahari maka akan semakin banyak pula produksi melanin yang menggelapkan daerah mata. keemapat, penggunaan make up yang terlalu tebal atau berlebihan itu ternyata berpengaruh besar timbulnya mata panda apalagi jika malas mencuci muka. Kelima, munculnya mata panda adalah karena faktor penyakit, seperti anemia atau ginjal. Karena itu, jika memiliki mata panda ada baiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah kamu terkena penyakit. Keenam adalah keturuan, jika orangtua kamu memiliki mata panda maka kemungkinan besa kamu juga akan mengalaminya.

Mata Panda


Dan, faktor lainnya adalah karena terlalu sering menangis. Kebanyakan menangis ternyata dapat membuat mata menjadi bengkak. Selain itu, tangisan menyebabkan banyak cairan yang terperangkap di sekitar mata sehingga timbul mata panda.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Panda?

ada bebrapa tips sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus melalui pemeriksaan medis. Salah satunya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi untuk membunuh racun yang ada disekitar mata. selain itu, hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi, karena hal itu akan lebih mudah memunculkan mata hitam.

Selain menjaga makanan, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki sifat mendinginkan dengan cara ditempelkan di area mata, diantaranya adalah mentimun, kentang, jeruk lemon atau jeruk nipis, dan teh celup. Bahan-bahan tersebut akan lebih bagus jika dimasukan terlebih dahulu ke dalam kulkas.

Orang-orang Tiongkok percaya bahwa lingkaran hitam pada area mata adalah tanda ketidakseimbangan tubuh atau jiwa. Mata adalah jendela jiwa dan sebagai cermin kesehatan tubuh. Karena itu, munculnya lingkaran hitam pada mata bisa juga disembuhkan dengan cara tradisional, yakni dengan pemijatan disekitar mata. Setiap pagi dan setiap malam pijat kulit kepala kamu dari dahi hingga leher. Selain membantu menghilangkan lingkar hitam di area mata , pijatan ini juga membantu untuk memperkuat rambut dan meningkatkan penampilan seseorang.

Bagaimana Mata Panda dalam Pandangan Islam?

Kelelahan karena banyak bekerja memang bisa menjadi salah satu penyebab munculnya lingkar hitam pada area mata atau mata panda.  Namun tahukah kamu, dalam pandangan islam, lelah karena bekerja bisa menajdi penghapus dosa. Terlebih bekerja yang diniatkan untuk ibadah, memberi nafkah kelaurga, lelah dalam menuntut ilmu dan lelah berdakwah dijalan Allah. Jika rasa lelah tersebut ditermia dengan ikhlas, sesungguhnya Allah SWT akan memberikan balasan dengan menggugurkan dosa-dosanya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kekhawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” (HR. Bukhori dan Muslim)