Keistimewaan Mata Kucing dalam Islam

Seperti yang kita lihat bersama, hewan kucing merupakan seekor hewan yang memiliki mata yang khas dan telah menjadi tanda atas kesempurnaan Allah SWT atas ciptaanNya. Karena sesungguhNya Allag SWT telah menciptakan mata pada hewan yang satu ini dengan letak dan pengaturan yang sesuai dengan ciptaanNya. Tentu hal ini juga dijelaskan dalam sebuah ayat, Allah SWT berfirman:
Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-nya. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Al Hasyr:24)

1.       Penglihatan malam yang sangat kuat.

Dalam hal ini kucing bisa dengan mudah membedakan warna hijau, biru dan merah. Namun walaupun begitu, kelebihan sebenarnya adalah dapat dengan mudah melihat di malam hari. karena pada malam hari, ketika kelopak mata kucing trebuka akan terkena sedikit cahaya, lapisan yang disebut iris makin membesar hamipr 90% sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya. Dan pada saat mendapat cahaya yang lebih terang, sistem bekerja berlawanan untuk melindungi retina kemudian pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis.

Keistimewaan Mata Kucing dalam Pandangan Islam


Dan yang lebih mengagumkan lagi, ada sebuah lapisan pada mata kucing yang tidak terdapat pada manusia, dimana lapisan tersebut berada di belakang retina yang berfungsi sebagai penerima cahaya. Dan ketika cahaya jatuh pada lapisan tersebut langsung dipantulkan kembali kemudian cahaya lewat dua kali melalui retina. Oleh karena itu kucing dapat melihat dengan mudah disaat cahaya hanya sedikit, bahkan disaat gelap dan disaat manusia tidak dapat melihatnya, lapisan ini jugalah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari.

Sesungguhnya Allah SWT menciptakan struktur mata yang sesuai dengan kondisi dan nutrisi pada setiap makhlukNya yang membutuhkan. Karena mata kucing memiliki struktur dan karaktristik yang berbeda dengan kebutuhannya masing-masing. Dan ini adalah salah satu contoh ciptaan Allah yang unik dan terbukti dalam sebuah ayat.
Allah SWT berfirman:
Pencipta langit dan bumi, ketika Dia ingin menciptakan sesuatu, maka Dia hanya berkata “jadilah”, maka jadilah ia,” (QS Al Baqarah:177)

2.       Bola Mata Kucing Lebih Besar

Selain kemampuan melihat dimalam hari, kucing juga memiliki bola mata yang lebih besar dibandingkan mata yang dilimi manusia. Jika bidang pengelihatan manusia hanya 160 derajat, kucing dapat dengan mudah dalam pengelihatannya hingga 187 derajat. Dengan karaktereristik ini kucing dapat dengan mudah melihat ancaman yang ada di sekitarnya.
Allah SWT berfirman:
“Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagimu..” (QS. An Nahl:66)
3.       Struktur Mata Kucing Berbeda dengan Manusia

Sungguh Maha Besar Allah yang telah menciptakan makhluknya dengan suatu kelebihan. Pada mata kucing terdapat membran ketiga. Membran ini berwujud transparan dan bergerak dari sau bagian mata kebagian mata lainnya. Sebagai contoh, kucing itu dapat mengedipkan matanya tanpa harus menutup semuanya. Kemudian membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu. Selain itu, benda-benda lain seperti debu tidak akan mengenai mata hewan tersebut.

4.       Apakah Mata Kucing Sensitif Pada Gerakan


Pada kenyataanya, kucing tidak dapat melihat pada jarak dekat baik seperti manusia. Dan tidak bisa fokus pada objek yang dekat dengan pandangannya. Tetapi Allah telah menciptakan rambut sensorik dengan mekanisme sensorik yang kuat untuk hewan kucing. Karena berkat penciuman dan rambut sensorik kucing dapat dengan mudah mendeteksi dalam jarak dekat. Selain itu, kucing juga sangat sensitif terhadap gerakan, keindahan dan yang sesuai dengan jarak pengelihatan tersebut. Otak kucing juga bisa lebih banyak merasakan gambar daripada manusia.