Apakah Benar Mayit Bisa Mendengar Suara Terompah Peziarah?

Hidup di dunia ini hanyalah sementara karena semua makhluk hidup di dunia tanpa tekecuali akan kembali mengahadap sang pencipta. Allah SWT berfirman:
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (QS. Ali Imran : 185).

Alam kubur termasuk alam ghaib sehingga tidak ada cara untuk mengetahuinya kecuali melalui dalil Al quran dan hadits. Pemakaman sendiri membuat kita lebih mudah mengingat kematian, oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk memberi salam dan mendoakan si mayit ketika melewati pemakaman sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Aisyah RA. Beliau pernah bertanya kepada Rasulullah SAW:
“Ya Rasulullah, apa yang harus aku ucapkan ketika aku ziarah kubur? Kemudian Rasulullah berkata: ucapkanlah, assalamualaikum wahai penghuni kubur dari kalangan mukminin dan muslimin, semoga Allah merahmati orang yang telah meninggal dan yang masih hidup dan Insyaallah kami akan menuyul kalian.” (HR. Muslim)

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menganjurkan untuk memberi salam dan mendoakan para penghuni kubur. Namun beliau tidak menyebutkan lebih lanjut apakah mereka mendengarkan salam itu atau tidak. Kemudian ada satu riwayat dari Ibnu Abbas RA., Rasulullah SAW bersabda:
“apabila ada seseorang yang melewati kuburan sodaranya sesama mukmin yang dia kenal selama di dunia lalu dia memberi salam, maka sodaranya akan menjawab salamnya.” (HR. Ibnu Abdil Bar)
Tahukan kamu, bahwa mayit bisa mendengar hal lain di waktu-waktu tertentu saja? Lalu hal apakah yang bisa didengar mayit tersebut?
Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya seorang hamba yang meninggal dan baru saja dikubur dia mendengar bunyi terompah atau sandal yang dipakai orang-orang yang mengantarnya ketika mereka sedang beranjak pulang sampai datang kepada dia dua malaikat.” (HR. Bukhori)

Mayit Bisa Mendengar Suara Terompah Peziarah
Hadits tersebut menegaskan bahwa, mayit bisa mendengar suara sandal hanya ketika dia baru saja dikubur yaitu ketika ruhnya baru saja dikembalikan ke badannya dan dia didudukan oleh kedua malaikat. Jadi tidak setiap hari mayit tersebut bisa mendengar suara sandal orang-orang yang lalu lalang di atas kuburannya sampai hari kiamat.
Lalu, ada pula yang mengatakan jika mayit bisa mendengar tangisan kelaurganya. Ada sebuah hadist yang mengatakan seperti ini: “Sesungguhnya mayit itu akan disiksa pada hari kiamat disebabkan tangisan dari kelaurganya.” (HR. Mughirah bin Su’bah)
Maksud dari siksaan dalam hadits tersebut bukan siksa kubur melainkan siksaan di akhirat. Sedangkan siksaan diakhirat tidak lain adalah siksa neraka kecuali bila ia diampuni oleh Allah SWT atas segala dosa yang telah dia perbuat kecuali dosa syirik. Termasuk dosa syirik adalah doa-doa orang yang meminta sesuatu kepada ahli kubur.
Allah SWT. berfirman:
Dan Tuhan-Tuhan yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apapun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang. (Berhala-berhala) itu benda mati, tidak hidup, dan berhala-berhala itu tidak mengetahui, bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan." (QS. An-Nahl: 20-21)
Sesungguhnya orang yang telah dikubur membutuhkan doa dan membutuhkan amal sehingga sangat mengherankan jika ada orang yang meminta doa kepada mayit apalagi datang ke kuburan untuk curhat masalah dunianya dan membantu masalahnya.
Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah keiimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu dirahmati Allah dan dilindungin dari segala hal-hal yang dimurkai Allah. Amin.


1 komentar:

Author
avatar
Balas