Keistimewaan Berhijab dan Keberadaannya yang Mulai Diterima di Seluruh Dunia

Pemandangan wanita berhijab di negara minoritas islam telah menjadi hal yang semakin mudah ditemui. Fakta menggembirakan ini menunjukan kian banyaknya kaum muslimah yang menyadari kewajiban menutup aurat sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.  potret hijab semakin mendunia tergambar lewat bermunculannya blogger muslimah. Melalui sosial media, para blogger muslimah ini memiliki andil dalam mengajak kaum muslimah lainnya untuk turut menggunakan hijab.

Nama Hanna Tajima adalah salah satu pelopor awal kemunculan blogger muslimah. Hanna yang seorang mualaf memperkenalkan cara penggunaan hijab dengan gaya unik dan berbeda. Wanita berdarah campuran Jepang Inggris ini sering pula memposting hijab ala Hanna. Di laman Youtube miliknya, Hanna yang berpropesi sebagai seorang desainer ini juga memiliki lebel pakaian muslimah rancangannya yang sering menghiasi majalah mode dunia serta digandrungi banyak kaula muda khusunya wanita.

Di Indonesia sendiri peran pashion blogger seperti Dian Pelangi memiliki andil besar dalam perkembangan hijab Indonesia. Melalui akun media sosial instagram, wanita kelahiran tahun 1991 tersebut menunjukan kreativitas dalam memadu padankan busana muslim sehingga terlihat pantas dan anggun.

Bahkan mulai tahun2013 lalu, pemakain hijab dirayakan diseluruh dunia. World hijab day, yang jatuh setiap tanggal 21 februari ini dipelopori oleh Najma Khan. Wanita India yang tinggal di Amerika Serikat ini mengajak semua wanita dari berbagai agama untuk mengenakan hijab. Tujuannya agar setiap wanita bisa merasakan keindahan dalam mengenekan hijab serta menghilangkan stigma buruk tentang wanita berhijab.

Sejumlah partisipan dari ratusan negara menyambut gembira usulan Najma Khan. Bebrapa wanita non muslim dari Swedia, Swiss dan ratusan warga dunia lainnya antusias mencoba hijab. Bahkan beberapa wanita perancis juga antusias mengenakan hijab pada Februari lalu sebelum kejadian teror yang melanda. Padahal negara ini sejak tahun 1989 mengeluarkan aturan melarang penggunaan atribut keagamaan termasuk hijab.

Keistimewaan Berhijab dan Keberadaannya yang Mulai Diterima Di Seluruh Dunia.


Di bagian benua Eropa lain, larangan penggunaan hijab juga sempat menjadi wacana di Italia. Namun dengan bijak, menteri dalam negeri Gulliano Amato akhirnya menjawab permintaan para islam phobia ini. Mengutip dari laman web media umat, Gulliano Amato berkata: “Bagaimana mungkin saya menentang hijab, jika bunda Marya saja berkerudung.”

Ya, penggunaan kerudung sudah dikenal juga dikenal dan diyakini oleh agama lain seperti Yahudi dan Kristen.  Kerudung digunakan para biarawati khatlolik untuk menutupi rambut mereka. Seorang rabbi berkata yang artinya: “bahwa wanita Yahudi yang keluar rumah mengenakan baju yang longgar bahkan menutup kepala hingga seluruh mukanya dan hanya meninggal satu mata saja. “

Aneh memang jika wanita berhijab dibenci dan dianggap sebagai ancaman. Padahal dengan menutupi aurat, maka keindahan dan kecantikan wanita seutuhnya hanya ditunjukukan kepada seseorang yang dihalalkan baginya yakni suami tercinta.

Perintah untuk berhijab berasal langsung dari Allah SWT. dan RasulNya. Sama halnya seperti kewajiban untuk melaksanakan shalat dan ibadah wajib lainnya.
Allah SWT. berfirman:
“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘hendaklah  merkea mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereke!’ yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59)

Hijab adalah jati diri seorang muslimah yang telah mengikrarkan keimanannya dengan menggunakan hijab menunjukan bentuk ketaatan wanita kepada Sang Pemilik syariat Allah SWT.

Demikianlah informasi tentang hijab dan pahalanya. Semoga infromasi ini bisa memberikan manfaat. Semoga bisa menamabah wawasan lagi mengenai hijab. Dan semoga kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.