Proses Proses Penciptaan Sebuah Lagu

Sebuah lagu diciptakan dengan melewati proses proses sebagai berikut.


1. Menemukan Ide
Ide atau gagasan merupakan langkah awal dalam proses penciptaan. Melalui ide tersebut proses penciptaan berjalan. Perjalanan proses berkaya seni ini memiliki kekhasan masing masing pada tiap seniman. Hal ini tergantung pada latar belakang seniman, lingkungan, pengetahuan, serta pengalaman. Untuk menemukan ide dalam berkarya musik, perlu adanya perenungan, pengamatan, dan penghayatan sekitar. Beberapa komponis ada yang mengatakan bahwa tanpa melakukan kegiatan tersebut, mereka tidak memiliki ide dalam menciptakan lagu, yang ada hanya ilham. Ilham adalah inspirasi yang datangnya secara tiba tiba ketika metengalami suatu peristiwa. Sebenarnya ide dan iham seseorang adalah sama, perbedaannya adalah proses perolehannya. Ide didapat secara sengaja, sedangkan ilham didapat secara tidak sengaja. 

2. Membentuk Sebuah Syair
Dalam bentuk dasar musik vokal terdapat pertalian antara kata dan nada. Syair dalam sebuah lagu merupakan simbol bahasa yang digunakan komponis dalam mengekspresikan perasaan untuk memudahkan pendengar dala mencerna suatu karya musik. Deklamasi musik yang sempurna dan wajar sangat penting bagi komponis. Cara komponis dalam membentuk keindahan watak irama dan birama syair yang dihadapinya supaya tidak terjadi konflik antara birama dan aksentuasi kalimat kalimatnya merupakan suatu permasalahan yang rumi. Aksen suku kata harus cocok dengan aksen musik (berat atau ringan). Hal ini terlihat dari naik turunnya lagu. Aksen dalam arti deklamasi adalah naiknya suara. Melodinya naik keatas jika tekanan kalimat memang jatuh pada suku kata beraksen.

3. Melodisasi Syair 
Ide yang kita peroleh setelah dituangkan dalam bentuk syair hendaknya dibaca secara berulang ulang, agar dapat kita ketahui aksen dari tiap tiap suku kata dalam kalimat. Aksen inilah yang nantinya harus disesuaikan dengan aksen musik.

4. Membentuk Lagu
Membentuk lagu pada dasarnya berhubungan dengan melodi, bukan dengan teks. Namun demikian, teks lagu yang bak tentu perlu selaras dengan melodi yang diikutinya. Bentuk lagu didasarkan dari letak pengulangan dan pengolahan atas motif lagu. Bentuk lagu yang kita sesuaikan dengan ragam musik nusantara perlu kalian pahami. Setelah memahaminya, kalian perlu menentukan salah satu bentuk lagu sebagai karya musik pilihan. Selanjutnya lakukanlah kegiatan berikut ini.
a. Mengubah Syair
    Syair yang telah kalian buat hendaklah disesuaikan dengan ciri khas bentuk yang telah kita pilih.    
b. Penyesuaian Harmoni
    Melodi lagu memang sangat bervariasi bentuknya. Akan tetapi, melodi lagu tersebut hendaklah kita sesuaikan dengan bentuk harmoni dari ciri khas lagu. Pada langkah awal, nada nada melodi yang kita sesuaikan hanya pada ketukan beraksen.

Itulah Ulasan Mengenai Proses Proses Penciptaan Sebuah Lagu
Terimakasih Semoga Bermanfaat

2 komentar

Author
avatar

waaah, mantab bang artielnya, makasih

Balas
Author
avatar
Balas