4 Kota Cantik di Negeri Islam yang Wajib Masuk dalam List Destinasi Liburanmu


Negeri Islam

Indah terpancar dalam pesonanya yang begitu memukau. Sebuah wujud sajian alam sebagai persembahan sempurna dari sang Maha Pencipta. 

”Dan Dia menundukan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu.. dan bintang-bintang itu ditundukan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahaminya.” (Q.S. An-Nahl: 12)

Tahukah kamu, bahwasannya ada sekian banyak tempat terindah di muka bumi sebagai bukti atas kebesaran dan kekuasaan-Nya. Nah, berikut ini adalah beberpa kota terindah di negeri islam yang harus kamu ketahui. 

1. Mekah

Sebagai tanah haram atau tempat tersuci umat islam kota Mekah merupakan salah satu dari sekian banyak kota terindah yang ada di muka bumi. Bahkan, keindahannya secara nyata diungkapkan oleh baginda Rasulullah SAW. yang disebutkan dalam hadist berikut:

“Demi Allah, kota Mekah adalah kota yang terbaik di muka bumi, Mekah adalah bumi Allah yang paling aku cintai, kalau seandainya aku tidak diusir oleh orang-orang kafir Quraisy, niscaya aku tidak akan meninggalkanmu untuk hijrah ke Madinah.” (HR. Ibnu Majah)

Di kota Mekah pula lah berdiri sebuah bangunan suci dan mengagumkan: Ka’bah yang juga menjadi kiblat umat muslim di seluruh dunia. Perbukitan yang terhampar dalam luasnya gurun pasir menjadikan keeksotisan kota Mekah kian tampak. Dan seiring perjalannya, kota Mekah pun berkembang menjadi kota modern dengan kelengkapan fasilitasnya yang tidak diragukan lagi. 

2. Istanbul

Bagi para traveller, Turki bak sebuah destinasi wajib yang tidak boleh dilewati. Terlebih di negara inilah salah satu kota paling bersejarah di dunia berada, yaitu Konstantinopel atau yang kini dikenal dengan nama Istanbul. Istanbul menjadi saksi akan sejarah peradaban banyak negara juga agama. 
Dari ketenangan selat perairan Turki, kemegahan Hagia Sophia dapat terlihat jelas dan mengagumkan. Dan arah perbukitan, jejak kokohnya benteng Konstantinopel seakan menggambarkan romantisme sejarah besar perjuangan sang penakluk Muhammad Al Fatih. Di malam hari, binar cahaya yang dipancarkan kota inipun sungguh memesona. 

3. Kashmir

Inilah surga dunia, sebuah kawasan yang dianugrahi Allah SWT. dengan keindahan yang menakjubkan. Dikelilingi pegunungan Himalaya, keelokan Kashmir sulit diungkapkan dengan kata-kata. Bahkan bagi siapa pun yang menapaki kakinya di tanah ini, maka bayangan keindahannya akan terus melekat di dalam hati dan pikiran. 

Hijaunya hamparan perbukitan berpadu indah dengan bening jernihnya aliran sungai dan bunga-bunga mekar beraneka warna. Selain itu, keanggunan danau Dal yang kian menambah kesejukan sang tanah surga. 

4. Indonesia (Bromo)

Inilah moment yang diburu banyak pengagum keindahan alam. Ya, sebuah fase bermulanya hari di tanah Bromo Jawa Timur. Lukisan akan keindahan alam bromo telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Hijaunya bentangan safana yang bersanding lautan pasir terlihat begitu mengagumkan, diantara kokohnya barisan pegunungan yang terselimuti kabut awan. Sesekali kepulan asap dari kawah Bromo dan juga gunung Semeru kian mewarnai langit Bromo. 

Tak hanya indah, suku Tengger yang mendiami wilayah Bromo pun dikenal dan penuh kehangatan. Yang pasti, kehidupan umat muslim di Bromo berkembang kiat pesat. 

Apa yang telah dianugrahkan Allah SWT. kepada kita bukan lain sebagai bukti akan kebesarannya. Dan kita sebagai umat-Nya sepantasnya untuk senantiasa bersyukur atas segala kenikmatan yang telah diberikan oleh-Nya. 

Ya, demikianlah informasi mengenai beberapa kota terindah di negeri islam yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat. Dan semoga informasi ini bisa menambah rasa syukur kita semua kepada Sang Maha Pecipta atas segala ciptaan-Nya yang begitu luar biasa.