Olahan Buah Khas Timur Tengah (Kurma) di Berbagai Negara

Manis dengan sejumlah manfaat yang luar biasa. Ya, kurma.  Sebuah sajian istimewa dari Sang Pencipta untuk seluruh umatNya di dunia. Allah SWT berfirman:
“Dan di bumi  ini terdapat bagian-bagain yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman di atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar Ra’d:4)

Sejak jaman Rasulullah, kurma telah menjadi satu bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi. Hebatnya, buah kesukaan nabi ini pun tak hanya untuk hidangan semata melainkan untuk sarana pengobatan yang juga sudah disunahkan.

Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwa (kurma Nabi) di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu.” (HR. Bukhari)

Dan seiring perjalannya, kurma tak lagi identik dengan hidangan kecil di bulan ramadhan melainkan telah menjelma menjadi olahan kurma yang penuh selera. Seperti cake kurma, kukis kurma, hingga ice cream kurma. Banyaknya kreasi inovatif olahan kurma menjadikan buah khas Timur Tengah ini makin digemari.

Olahan Buah Khas Timur Tengah (Kurma) di Berbagai Negara


Menariknya, olahan kurma modern pun justru banyak dilakukan di negara-negara barat. Nah, berikut ini beberapa olahan kurma di berbagai negara.

1.       Puding Cake Caramel Kurma di Amerika Seriakat

Di Amerika bagian selatan, puding cake caramel kurma rupanya menjadi menu favorit yang paling banyak diburu masyarakat, terutama pada saat hari-hari besar.

Puding cakce caramel kurma terbuat dari bahan utama kurma dan caramel yang diracik sedemikian rupa sehingga tercipta puding yang nikmat dan lezat. Rasa puding caramel kurma pun akan lebih terasa menyegarkan jika dimasukan ke dalam kulkas.

2.       Kukis Isi Kurma di Irlandia

Lain di Amerika Selatan lain pula di Irlandia. Ya, di negeri yang berjuluk pulau Zamrud ini buah kurma pun buah kurma pun banyak diolah menjadi kukis isi kurma. Cemilan sehat kaya akan manfaat ini amat digemari masyarakt Irlandia karena rasanya yang manis dan bercampur asin. Siapapun yang memakannya akan jatuh cinta kepada kukis ini.

3.       Kue Scone Isi Kurma di Inggris

Rupanya kukis kurma pun cukup populer di negara Inggris. Bagi masyarakt Inggris, sepotong kue Scone adalah penyempurna saat menemani kebiasaan minum teh di pagi hari. Kue Scone sendiri adalah kue kering yang berisi buah kurma di dalamnya.

4.       Italian Golato ice cream di Italia

Siapa menyangka jika negeri pizza ini rupanya menyimpan satu olahan kurma yang sangat istimewa, yaitu Italian Golato ice cream dengan varian buah kurma. Dalam menu ini, ice cream gelato hadir dengan penambahan keju, ice cream dan buah kurma. Hmmmm... kebayang kan bagaimana lezat dan segarnya Ice cream gelato ini.

5.       Kue Kurma Mede Lapis Coklat di Indonesia

Indonesia dengan populasi umat muslim terbesar di dunia rupanya menyimpan satu olahan kurma yang sangat inovatif dan spesial yaitu kue kurma mede lapis coklat. Selain memiliki bentuk yang terbilang unik dan menggoda. Kelebihan resep ini adalah hadirnya kacang mede di dalam bagian daging kurma coklat yang akan memberikan rasa gurih dan mengunyah lebih nikmat. Emmmm.. luar biasa yummi.


Selain dikenal memiliki rasa manis yang lezat, kurma pun dikenal memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin terbesar dalam buah kurma adalah vitamin B komplek, terutama vitamin B6. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh memetabolisme makanan dan pembentukan sel-sel darah baru. Dan vitamin lainnya yang terkandung dalam buah kurma adalah serat, kalsium, zat besi, fosfor, dan seng. Sehingga dengan mengkonsumsi kurma berarti membantu mendapatkan cadangan mineral dalam tubuh.