Tentang Iman Kepada Hari Akhir (Kelas 9)

A. Iman Kepada Hari Akhir

1). Pengertian
Hari akhir atau hari kiamat adalah hari saat makhluk makhluk Allah hancur atau binasa. Pada hari itu semua yang ada di dunia akan hancur lebur berantakan seperti anai anai yang berterbangan. Beriman kepada hari kiamat artinya mempercayai dengan sepenuh hati bahwa hari kiamat itu pasti akan datang dan seluruh umat manusia akan kembali dibangkitkan dari alam kubur untuk menerima pengadilan dari Allah Swt. sebagai hakim yang Maha Adil.


Al Qur'an menggunakan istilah yang beraneka ragam tentang hari akhir sekaligus sebagai penjelasan proses berlangsungnya, diantaranya adalah sebagai berikut:
a). Hari Kiamat (Yaum Al-Qiyamah) yaitu hari penegakkan keadilan. Suatu hari yang ditentukan untuk melangsungkan pengadilan bagi setiap makhluk dan selanjutnya mendapatkan keputusan yang maha benar dari Allah Swt.
b). Hari Akhir (Yaum Al-Akhir) yaitu hari akhir dari sejarah makhluk hidup.
c). Hari Kegoncangan (Yaum az-Zalzalah) karena pada hari itu terjadi kegoncangan yang dahsyat.
d). Hari Pembalasan (Yaumal Ghasyiyah) karena pada hari itu Allah memberikan balasan kepada umat manusia. Yang beriman akan dimasukkan kedalam surga yang tinggi, sedangkan yang kafir akan dimasukkan dalam neraka api yang sangat panas.
e). Hari Panggil Memanggil (Yaum Al-Tanad) yaitu hari setiap orang menemui kesulitan dan penderitaan kemudian mereka memanggil orang lain untuk memohon pertolongan sementara yang lain tidak menghiraukan.
f). Hari Ancaman (Yaum Al-Wa'iid) yaitu hari ketika Allah melaksanakan ancaman berupa adzab ketika setiap makhluk yang tidak melaksanakan perintah-Nya.
g). Hari Kehinaan (Yaum Al-Khizy) yaitu hari ketika Allah menghinakan orang orang yang durhaka.
h). Hari Penimbangan (Yaum Al Wazni) yaitu hari penimbangan amal baik dan buruk.

2). Ayat Al Qur'an yang berkaitan dengan Hari Akhir
a). Surah Al Hajj ayat 1-2
b). Surah Al A'raf ayat 187
c). Surah Asy Syu'araa ayat 88-89

B. Kiamat Sugra Dan Kubra

1). Kiamat Sugra
Kiamat sugra adalah peristiwa berakhirnya setiap makhluk yang bernyawa dan hancurnya sebagian alam seperti terjadinya kematian, banjir, longsor, gempa bumi dan lainnya.

2). Kiamat Kubra
Kiamat Kubra adalah peristiwa hancurnya seluruh alam semesta sehingga alam ini berganti dengan alam yang lain, yaitu alam akhirat. Peristiwa yang terjadi saat kiamat Kubra merupakan peristiwa yang sangat dahsyat, diawali dengan tiupan sangkakala yang pertama. Setelah itu bumi terangkat dan bergoncang hebat, gunung gunung terlepas dari tempatnya, berterbangan dan bertabrakan seperti kapas yang ditiup angin, dan bumi pun mengeluarkan isi perutnya.

Setelah semua hancur dan mati maka sasangkala kedua pun ditiup, saat itu Allah membangkitkan kembali semua manusia dikumpulkan di padang mahsyar untuk menjalani pemeriksaan terhadap amal perbuatannya yang dilakukan ketika didunia. Tetapi sebelum mereka dibangkitkan dan berkumpul di alam mahsyar telebih dahulu mereka berada di alam barzakh.